Rustam. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu SMP/MTs dengan Mengaplikasikan Konsep
Literasi Sains” Tesis. Program
Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Konsentrasi Pendidikan Fisika. Program
Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Prof. Dr. Ani Rusilowati,
M.Pd., Pembimbing II. Dr. Agus Yulianto, M.Si.
Kata Kunci: bahan ajar, literasi sains
Kualitas
pendidikan Indonesia sangat rendah. Indikator rendahnya kualitas ditunjukkan
dengan rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Rendahnya kemampuan literasi
sains siswa SMP/MTs karena belum tersedianya bahan ajar yang mengaplikasikan
konsep literasi sains. MTs NU TBS Kudus merupakan salah satu madrasah di
kabupaten Kudus yang juga belum menggunakan bahan ajar yang mengaplikasikan
konsep literasi sains. Pembelajaran yang masih konvensional dengan bahan ajar
yang beredar dan LKS menjadikan siswa belum memahami secara keseluruhan tentang
pengetahuan sains, proses berpikir sains, penyelidikan sains serta interaksi
sains teknologi dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu SMP/MTs dengan mengaplikasikan konsep literasi
sains dan menentukan
kevalidan, keefektivan serta kepraktisan bahan yang dikembangkan dalam meningkatkan literasi
sains siswa.
Penelitian
yang dilakukan merupakan
jenis penelitian pengembangan (Research
and Development/R & D). Tahap
penelitian pengembangan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap
validasi oleh 3 orang validator, tahap uji coba skala
terbatas terhadap 12 siswa dan tahap uji coba skala luas menggunakan desain kelas eksperimen kelas kontrol pre test - post test goup dengan jumlah 44 siswa. Kegiatan
penelitian diawali dengan menyusun bahan ajar, tes
kemampuan literasi sains, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran,
lembar observasi,
lembar angket yang semuanya
divalidasi oleh ahli dan praktisi. Pengujian
pengembangan bahan ajar menggunakan rancangan pre-test and post-test group. Data
validitas bahan ajar dan perangkat pembelajaran dianalisis
dengan deskripif persentase. Data efektivitas berupa sikap
ilmiah dianalisis dengan deskriptif persentase dan tes kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji hipotesis dan uji gain.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa karakteristik bahan ajar IPA
Terpadu dengan mengaplikasikan konsep literasi sains yaitu dapat
mendeskripsikan pengetahuan sains,
menganalisis dengan proses berpikir sains, menyelidiki konsep sains
dengan eksperimen serta mampu menghubungkan sains teknologi dalam kehidupan
masyarakat. Tingkat kevalidan bahan ajar dan perangkat pembelajaran berdasarkan
nilai dari validator berada pada kategori valid. Respon siswa terhadap bahan
ajar menunjukkan kepraktisan berada pada kategori sangat baik. Bahan ajar yang
dikembangkan terbukti efektif karena dapat meningkatkan kemampuan literasi
sains dan sikap ilmiah siswa.
0 komentar:
Posting Komentar