Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa
Pada Materi Pokok Hukum Newton Tentang Gerak
Rustam
Mahasiswa Pendidian Fisika Universitas Haluoleo kendari
Abstrak Telah
melakukan penelitian dengan menerapan strategi pembelajaran Aktif, Kreatif
Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi pokok hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini dilakukan pada Kelas X4 SMA Negeri 6 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus
dilakukan tes hasil belajar untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Hasil
penelitian yang dilakukan diperoleh : 1) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I
sebesar 55,96 dengan persentase
ketuntasan sebesar 41,94%, rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus II
sebesar 74,63 dengan persentase
ketuntasan sebesar 77,42%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III
sebesar 79,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 93,93%. 2). Penerapan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM ) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 6
Kendari pada materi pokok hukum Newton tentang gerak.
Kata kunci: PAKEM, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Siswa