Senin, 15 Juni 2020

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan PAKEM


Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Pokok Hukum Newton Tentang Gerak

Rustam
Mahasiswa Pendidian Fisika Universitas Haluoleo kendari

 Email: rustambula@gmail.com HP:085241929587


Abstrak Telah melakukan penelitian dengan menerapan strategi pembelajaran Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini dilakukan pada Kelas X4 SMA Negeri 6 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus dilakukan tes hasil belajar untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh : 1) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar  55,96 dengan persentase ketuntasan sebesar 41,94%,   rata-rata hasil  belajar siswa pada siklus II sebesar  74,63 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,42%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 79,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 93,93%. 2). Penerapan strategi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 6 Kendari pada materi pokok hukum Newton tentang gerak.




Kata kunci: PAKEM, Aktivitas Siswa,  Hasil Belajar Siswa


Kunjungan Kakanwil Kemenag Sultra Di Kantor Kemenag Kab. Buton

Pasarwajo (Inmas Sultra) --- Kakanwil Kemenag Sultra Fesal Musaad, S.Pd. M.Pd. melakukan kunjungan kerja di Kantor Kementerian Agama Kabupat...